'Kapan iPhone 6 ke Indonesia? Hanya Tuhan yang Tahu'

Jakarta - Selepas peluncuran iPhone 6 beberapa hari lalu, pasti yang jadi pertanyaan penggemar Apple di Indonesia adalah kapan generasi terbaru iPhone ini datang ke pasar Tanah Air. Lantas apa kata Erajaya yang dipercaya Apple memasarkan produknya?

Djatmiko Wardoyo selaku direktur dan Marcomm Erajaya memastikan iPhone 6 bakal dipasarkan secara resmi di Indonesia. Ditambahkannya lagi, saat ini iPhone 6 baru memasuki tahap pertama pemasaran dengan negara-negara ‘tier 1’ yang pertama disambanginya. Adapun di Asia Tenggara yang pertama kebagian adalah Singapura.


Tahap kedua pemasaran iPhone 6 disebut Djatmiko akan mulai dilempar pada 29 september mendatang. Sayangnya menurut petinggi Erajaya itu, Indonesia masih juga belum terdaftar pada kloter kedua penyebaran iPhone 6 tersebut.


"Soal kehadiran iPhone 6 ke Indonesia, kami belum dapat memastikan karena keputusan itu sepenuhnya berada di tangan prinsipal. Ya, hanya Tuhan dan Apple-lah yang tahu kapan iPhone 6 masuk Indonesia," ujarnya berkelakar di mall Taman Anggrek, Jakarta, kamis (18/9/2014).


Untuk penjualan iPhone 6 di Indonesia, Apple bakal menjalankan strategi pemaasaran open channel, di mana iPhone generasi terbaru ini juga akan dijual tanpa kontrak melalui jaringan distributor penjualan ponsel.


Erajaya sendiri telah menjadi distributor yang ditunjuk Apple untuk menjalankan channel excellent program (cep). Artinya Erajaya diperkenankan memasarkan iPhone di jaringan distribusinya namun dengan aturan yang ditetapkan apple.


Salah satu aturan tersebut adalah desain toko retail yang harus sesuai standar Apple. Demi memastikan standar yang ditetapkannya, Apple bahkan memboyong sendiri perabot untuk diletakkan dalam toko retail berkategori cep yang dijalankan oleh Erajaya.


(yud/fyk)