Android L Dijajal di Nexus 4?

Jakarta - Android L saat ini masih dalam status developer preview, itu pun ponsel yang bisa menjalankannya dibatasi hanya untuk Nexus 5. Namun 2 orang karyawan Google disebut menjajalnya di Nexus 4, membuktikan spekulasi yang mengatakan bahwa sebenarnya Android L telah siap.

Informasi ini diperoleh dari alamat situs code.google.com. Di dalamnya terdapat email 2 karyawan Google yang isinya mengungkap penggunaan OS Android berkode LRW52G pada Nexus 4. Sebagai informasi, Android L developer preview mengusung kode LRW66E yang merupakan versi lebih tinggi.


Berdasarkan informasi tersebut, bukan tak mungkin Android L sebenarnya telah dikembangkan jauh sebelum Nexus 5 muncul.


Selain itu, seperti dilansir Phone Arena, Minggu (21/9/2014), Android L kabarnya bakal bisa dijalankan oleh ponsel murah Android One yang berspesifikasi ‘pas-pasan’. Berarti wajar bila OS anyar Google ini dapat berjalan di Nexus 4 yang notabene memiliki spesifikasi yang lebih rendah dari Nexus 5.


Seperti diketahui, Nexus 4 masih dibekali prosesor quad core Snapdragon S4 Pro dengan kecepatan 1,5 GHz dan RAM 2 GB. Sedangkan Nexus 5 mengandalkan prosesor quad core Snapdragon 800 berkecepatan 2,3 GHz dengan besaran RAM yang sama-sama 2 GB.


Sayangnya meski dianggap telah siap, sejauh ini belum jelas kapan tepatnya Android L dirilis. Namun rumor yang beredar mengatakan, OS yang belum terungkap nama sandinya ini bakal meluncur di sekitar akhir tahun 2014 ini.


(yud/yud)