Samsung Ingin Garap Chip Grafis Sendiri

Jakarta - Meski telah menggunakan prosesor garapannya sendiri pada ponsel besutannya, sejauh ini Samsung masih mengandalkan chip grafis Mali yang merupakan kepunyaan ARM. Namun ke depannya produsen Korea Selatan ini bisa jadi akan mengandalkan chip grafis sendiri, seperti yang diisukan.

Isu yang baru beredar tersebut mengatakan Samsung tengah menggarap chip grafis sendiri yang nantinya akan digunakan pada ponsel buatannya. Tapi masalahnya, meski Samsung telah sukses membuat prosesornya sendiri, mengembangkan sebuah chip grafis bukanlah perkara gampang, setidaknya seperti itulah yang disampaikan banyak analis.


Untuk memuluskan rencananya itu, seperti dilansir Phone Arena, Rabu (17/9/2014), bahkan Samsung disebut telah banyak merekrut ‘superstar’ di bidang silikon yang tadinya bekerja di Nvidia, AMD, dan juga Intel. Seperti diketahui ketiga perusahaan itu adalah ahlinya dalam soal teknologi silicon, baik prosesor maupun chip grafis.


Adapun keuntungan bagi Samsung menggunakan chip grafis sendiri bersamaan dengan prosesor garapannya adalah harga jual produk yang nantinya bisa jauh lebih rendah, karena tak bergantung pada perusahaan lainnya.


Sayang belum ada informasi apapun seperti apa chip grafis Samsung nantinya. Begitu juga waktu rilisnya yang masih jauh dari kejelasan.


(yud/fyk)