Cosmo Browser, Internetan pun Bisa Lewat SMS

Jakarta - Aplikasi browser pada smartphone umumnya hanya dapat digunakan bila terhubung ke internet. Namun aplikasi browser yang satu ini unik, karena tak perlu menggunakan koneksi internet untuk memakainya melainkan hanya bermodal SMS. Kok bisa?

Aplikasi yang dimaksud adalah Cosmos Browser. Seperti halnya browser pada umumnya pengguna tinggal mengetik alamat website yang ingin dikunjunginya pada text-box yang tersedia. Namun bukannya mengakses alamat website yang dimaksud lewat internet, Cosmos Browser justru mengirimkannya lewat SMS ke servernya.


Selanjutnya server akan mengirimkan balasan SMS berupa isi konten website dalam bentuk script, yang selanjutnya diterjemahkan ke dalam tampilan Cosmos Browser pada ponsel. Cosmos Browser mengklaim tampilannya website yang dikunjungi pengguna bakal mendekati seperti bila mengaksesnya langsung lewat internet, hanya saja pengguna tak akan disuguhkan gambar.


Aplikasi ini sendiri disebut sebagai jawaban atas penyebaran smartphone yang sangat masif di dunia, padahal tak semua negara yang disambangi memiliki koneksi internet yang merata. Bahkan tak sedikit negara yang sebagian besar wilayahnya tak ter-cover koneksi internet.


Jadilah SMS dimanfaatkan oleh Cosmos Browser karena jaringan seluler telah mudah ditemukan hingga ke wilayah pelosok. Pembesutnya mengatakan disarankan pengguna Cosmo Browser memiliki paket SMS unlimited karena aplikasi ini bisa mengirim lebih dari satu SMS untuk tiap permintaan alamat website.


Penasaran menjajalnya? Seperti dilansir Phone Arena, Rabu (17/9/2014), Cosmos Browser saat ini telah memasuki akhir pengembangan dan direncanakan meluncur pada akhir September ini. Pembesutnya juga mengatakan versi lanjutan Cosmo Browser nantinya tengah diusahakan untuk bisa menampilkan gambar.


(yud/fyk)