Penjual Sayur pun Pindah ke Kantor Virtual

Singapura - Prediksi International Data Corporation (IDC) bahwa populasi pekerja mobile akan mencapai 1,3 miliar pada 2015 tak meleset. Setidaknya itu yang dilihat Vice President Asia Pacific Citrix, Rob Willis.

“Ada lonjakan tajam sejak iPad diperkenalkan pada 2011,” kata Wilis dalam keynote speech Citrix Mobility Conference di Singapura, Selasa (16/9).


Wilis mengatakan, sebagian besar perusahaan memang masih berbasis desktop dan sistem operasi Windows. Tapi pengguna aplikasi berbasis iOS dan Android yang rata-rata pekerja mobile juga terus tumbuh.


Wilis mengatakan, beberapa perusahaan yang pekerjaan karyawannya sebenarnya jauh dari teknologi pun mulai menerapkan virtualisasi. Willis mencontohkan perusahaan kereta api Rhetian Railways di Swiss.


Kereta mereka kadang menjadi satu-satunya kendaraan yang bisa diandalkan ketika cuaca menjadi terlalu buruk. Perusahaan ini lebih membutuhkan karyawannya berada di lapangan daripada di belakang meja, karena itu mereka memilih produk Citrix seperti XenApp dan NetScaler agar mereka bisa bekerja dari luar kantor.


Kondektur kereta yang juga berfungsi sebagai petugas keamanan dan keselamatan tadinya harus membawa buku manual tebal. Tapi sekarang dia cukup membawa smartphone.


Operasional kereta dan rel juga bisa dipantau dari luar kantor. Respons terhadap masalah juga lebih cepat karena petugas di lapangan bisa mendapat informasi lebih cepat.Next


(okw/ash)