Proyek Android Silver Terbengkalai

Jakarta - Awal tahun 2014, sempat muncul rumor mengenai keberadaan proyek Android Silver. Yaitu proyek yang dikatakan menjadi cara Google untuk 'menyucikan' OS Android yang digunakan oleh banyak vendor ponsel.

Namun berdasarkan kabar teranyar, proyek tersebut dikatakan akan mengalami hambatan. Seperti yang dilansir The Information, Kamis (17/6/2014), proyek Android Silver tengah dihentikan pengembangannya.


Penyebabnya adalah kepergian Nikesh Arora, yang telah mengundurkan diri dari Google dan bergabung dengan SoftBank bulan Juli 2014 lalu. Arora sebelumnya menempati posisi Chief Business Officer di Google.


Peran Arora di proyek ini adalah menjadi penghubung antara Google dengan pihak-pihak lain yang berkepentingan. Tugasnya antara lain adalah menggaet operator, vendor serta penjual ponsel untuk menyukseskan Android Silver.


Sebelumnya pun proyek Android Silver ini sudah pernah menghadapi sejumlah masalah. Salah satunya adalah reaksi yang kurang baik dari pihak perusahaan lain mengenai rencana Google itu. Bahkan sejumlah karyawan Google sepertinya juga tak yakin kalau proyek Android Silver akan sukses.


(asj/ash)