Memilih USB 3.0

Jakarta - Ok, ada apa sebenarnya dengan USB 3.0? Kita semua tahu kalau USB 3.0 cepat, tapi apa lagi? Yah, banyak hal sebenarnya: seperti bandwidth yang lebih besar, manajemen daya yang lebih baik dan pemanfaatan bus lebih baik dibandingkan dengan USB 2.0.

Tapi mari kita lihat kecepatannya. Jelasnya, berapa tingkat kecepatan yang kita bicarakan di sini? Yah, katakan saja USB 3.0 tidak hanya cepat, tetapi sangat cepat! Hingga 60 kali lebih cepat dalam beberapa kasus dibandingkan USB 2.01.


Itu seperti terbang dari Hong Kong ke London dalam 12 menit, bukan 12 jam. Bayangkan saja. Anda membuka minuman favorit Anda, minum beberapa teguk, bersandar di kursi dan tiba-tiba, Anda berada di sana. Secepat itu.


Bahkan, USB seperti 128GB Sandisk Extreme PRO USB 3.0 begitu cepat, Anda dapat men-download satu film dalam waktu sekitar 8 detik. Bandingkan table bar download USB 2.0 dengan USB 3.0 dan perbedaannya memalukan. Seperti mobil sport berlomba kecepatan dengan sepeda. Download dengan 3.0 telah selesai, sedangkan 2.0 masih memompa bannya.


Jadi jelaslah, USB 3.0 sangat cepat. Tapi, sayangnya itu bukan cerita seluruhnya. Seperti yang pernah dikatakan Einstein, kecepatan itu relatif dan jika menyangkut USB 3.0 mereka semua tidak diciptakan sama. Dan mereka semua tidak memiliki kecepatan yang sama. Oh, oh!


Jadi mari kita lihat beberapa alasan mengapa hal itu terjadi. Pertama yang paling dasar. Bagaimana jika Anda tidak memiliki port USB 3.0 pada komputer Anda? Apa yang akan terjadi? Nah, sebagian besar laptop dan PC baru memiliki port tersebut, tetapi jika komputer Anda tidak memilikinya, USB 3.0 masih akan lebih cepat daripada USB 2.0. Bagaimana bisa?


Nah, pikirkan port-nya seperti terowongan atau pipa air. USB 3.0 mengirim data melalui terowongan dengan tingkat yang besar dengan memaksimalkan kapasitas terowongan sehingga hasil akhirnya kemungkinan kecepatan download yang lebih besar dari pada USB 2.0. Next





(rou/rou)