Pamit Mundur, Tifatul: Saya Sudah Berusaha Maksimal

Jakarta - Tifatul Sembiring tak lama lagi akan melepas jabatannya sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika. Selama menjalankan tugasnya sejak periode 2009 hingga 2014, ia mengaku sudah berusaha semaksimal mungkin membesarkan industri teknologi informasi komunikasi Indonesia.

"Saya merasa sudah maksimal menjalankan tugas ini. Tidak mudah berada dalam posisi saya. Saya rasa, yang menggantikan saya pun akan merasakan hal yang sama nanti," ujarnya saat memberi sambutan pembuka turnamen futsal Menkominfo Cup dalam rangka Hari Bakti Postel di Planet Futsal, Jakarta, Sabtu (20/9/2014).


Menurutnya, program yang ia rancang selama menjabat sebagai Menkominfo, tak lain untuk membuat terkoneksinya masyarakat dengan informasi. Program itu katanya sudah maksimal dilaksanakan dimana tingkat realisasinya diklaim mencapai angka 95%.


"Saya juga berusaha menjaga kondisi industri agar tetap sehat ditengah tekanan keuangan yang dialami para operator. Saya harapkan ke depannya industri teknologi informasi dan komunikasi ke depan tetap tumbuh," harapnya.


Ketua Umum Asosiasi Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) Alexander Rusli mengakui industri telekomunikasi banyak terbantu dengan gaya kepemimpinan Tifatul Sembiring di Kementerian Kominfo.


"Cara Pak Tifatul mengayomi industri ini khas, penuh kekeluargaan. Salah satunya dengan turnamen Futsal ini untuk menjaga keakraban dengan semua pemangku kepentingan," tambahnya.


Dalam catatan, selama periode Menkominfo dipegang Tifatul dicapai sejumlah kemajuan di bidang infrastruktur sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), seperti masuknya sambungan telepon ke 72 ribu desa.


Berikutnya, seluruh kecamatan sudah masuk internet baik 5.748 dalam bentuk Penyedia Layanan Internet Kecamatan (PLIK) maupun 1.970 Mobil Penyedia Layanan Internet Kecamatan. Jaringan serat optik Palapa Ring hampir 90% selesai, dan wilayah jangkauan seluler mencapai 95%.


(rou/rns)