iPhone 5S Bisa Rekam Video 4K, Asal...

Jakarta - Beberapa ponsel Android seperti Samsung Galaxy S5, Note 4, LG G3, Sony Xperia Z3 dan ponsel lain dengan prosesor Snapdragon 800 ke atas mampu merekam video dengan resolusi 4K.

Namun tak begitu halnya dengan perangkat iOS. Jangankan iPhone 5S, dua ponsel anyar keluaran Apple pun --iPhone 6 dan 6 Plus-- belum bisa merekam video dengan resolusi 4K.


Namun jika anda tetap ingin merekam video 4K dengan menggunakan iPhone 5S, anda bisa menggunakan aplikasi bernama Vizzywig 4K. Apple baru-baru ini telah menyetujui aplikasi seharga USD 999,99 atau sekitar Rp 11 juta tersebut untuk masuk ke dalam App Store-nya.


Seperti yang dilansir Phone Arena, Senin (15/9/2014), aplikasi tersebut akan membuat iPhone 5S 32 dan 64 GB bisa merekam video dengan resolusi 4K.


Ketika digunakan untuk merekam video, Vizzywig 4K sebenarnya mengambil foto dengan kecepatan 24 foto per detik. Foto-foto beresolusi 4K tersebut kemudian akan 'dijahit' menjadi video 4K dengan frame rate 24 fps. Sementara audionya akan direkam secara terpisah, dan kemudian disinkronisasi ke dalam video.


Namun saat ini Vizzywig 4K itu hanya kompatibel dengan iOS 7, karena jika iPhone 5S itu diupgrade ke iOS 8, jumlah foto per detik yang bisa diambil dalam Burst Mode berkurang menjadi 10 foto.


Pengembangnya, i4software, mengatakan bahwa di masa yang akan datang, Burst Mode di iOS 8 tentu akan diperbaiki. Dengan harga setinggi itu, memang sudah sepantasnya bahwa aplikasi Vizzywig 4K ini mendapat dukungan yang berkelanjutan dari pengembangnya.


(asj/fyk)