Nexus Player Adopsi Android TV

Jakarta - Asus sepertinya akan merilis perangkat Nexus yang menggunakan platform Android TV. Perangkat dengan nama Asus Nexus Player itu muncul di situs benchmark populer, GFXBench.

Meski mengusung nama Nexus, jangan membayangkan bahwa Nexus Player adalah sebuah ponsel ataupun tablet. Seperti yang dilansir Ubergizmo, Senin (15/9/2014), perangkat itu mempunyai layar 23,7 dan 31,9 inch dengan resolusi 1080p, dan tidak dilengkapi dengan layar sentuh.


Dari data itu bisa disimpulkan bahwa Nexus Player adalah sebuah smart TV atau bisa juga sebuah set top box yang terhubung dengan televisi melalui port HDMI. Sistem operasinya menggunakan Android L, namun dengan optimasi Android TV.


Sementara dari segi spek, Nexus Player akan menggunakan prosesor quad core 1,8 GHz buatan Intel, dengan GPU PowerVR G6430, RAM 1 GB, dan internal storage sebesar 6 GB.


Android TV adalah sebuah platform yang diperkenalkan ke publik oleh Google bersama dengan Android L di acara Google I/O 2014.


Dengan platform tersebut, pengguna akan bisa melakukan streaming video dan lagu dari sejumlah layanan seperti YouTube, Netflix, TuneIn dan sebagainya.


Android TV juga dipakai untuk menjalankan berbagai aplikasi Android -- termasuk game -- yang sudah dioptimasi untuk pemakaian di layar besar.


(asj/ash)