Peran Penting ECC: Sukses Merchant di Bisnis Online

Jakarta - Mengelola bisnis e-commerce yang sukses di Indonesia tidaklah mudah. Meskipun pasar e-commerce Indonesia diperkirakan masih akan tumbuh dengan nilai bisnis USD 11 miliar, industri ini masih dalam masa pertumbuhan.

Meskipun ada banyak keuntungan untuk menjual secara online termasuk mencapai lingkup konsumen yang lebih luas, namun masih ada beberapa tantangan yang dihadapi merchant Indonesia dalam menjalankan bisnis e-commerce.


"Misalnya, seperti pengembangan sistem pembayaran dan jasa logistik serta belum terbentuknya kepercayaan konsumen," kata Greta Christina, e-Commerce Consultant alias ECC lewat email yang diterima detikINET, Minggu (1/2/2015).


Greta telah menjadi ECC di Rakuten Belanja online sejak 2012. Pernah menjadi Marketing dan Sales Manager pada salah satu penyedia layanan internet Indonesia. Ia tertarik pada Rakuten karena memang suka atas segala sesuatu yang berbau Jepang.


Selama lebih dari dua tahun terakhir, Greta telah membantu merchant mencari tahu apa yang membuat pelanggan mereka mengeklik situs mereka, bagaimana menarik perhatian pelanggan, apa yang akan membuat mereka datang kembali, dan yang lebih penting, bagaimana mengembangkan bisnis.


Beberapa merchant yang ia bantu termasuk beberapa bisnis lokal kecil seperti a1Toys dan KadoUnik, hingga merchant favorit seperti Beauty-up dan Nissin noodle.


Sarannya tentang best practices seperti bagaimana meluncurkan bisnis e-commerce, sampai pada menganalisis data pelanggan dan penjualan untuk merumuskan target pemasaran yang efektif, telah sangat membantu para merchant sukses berbisnis secara online.Next


(rou/rou)