Sang Penakluk iPhone Segera Ekspansi Indonesia

Jakarta - Merek ponsel dengan nama Wiko mungkin masih terdengar asing di Indonesia. Namun produk buatan Prancis ini sudah sempat bikin geger Eropa, khususnya di negaranya sendiri, setelah berhasil mengalahkan penjualan iPhone milik Apple.

Menurut analis CCS Insight, Wiko sudah berhasil menjual sekitar 1,7 juta smartphone di Prancis pada tahun 2013 dan meningkat menjadi dua juta lebih pada tahun 2014 berdasarkan angka riset GFk.


Tak hanya menyalip iPhone sebagai ponsel terlaris kedua di Prancis dalam hal penjualan secara online dengan pangsa pasar 14,2%, vendor asal kota Marseille itupun mulai mendekati Samsung yang masih merajai pangsa pasar penjualan.


Namun untuk vendor yang baru berusia empat tahun, prestasi itu sudah sangat lumayan. Setelah berhasil jadi tuan rumah di negeri sendiri, Wiko pun mulai melebarkan sayapnya di Eropa dan Amerika Serikat.


Negara di kawasan Asia pun tak luput dari perhatiannya. Dari sumber terpercaya detikINET, brand ponsel ini kabarnya dalam waktu dekat juga akan menyambangi Indonesia melalui partner lokal.


"Tak hanya satu, tapi enam seri yang akan dibawa sekaligus dalam waktu dekat ini dengan range harga mulai Rp 1 jutaan. Semua komplit mulai dari seri 3G sampai 4G dengan harga terjangkau," ujarnya di Jakarta, Rabu (18/2/2015).


Salah satu dari enam seri yang akan diboyong Wiko adalah versi Highway 4G. Smartphone ini hadir dengan teknologi 4G LTE dengan bentang layar 5 inchi IPS LCD touchscreen 16 M colors dengan resolusi 1080x1920 pixels.


Layar tersebut diberi proteksi dengan dual corning gorilla glass 2. Fitur lainnya adalah kamera 16 MP untuk kamera utama serta 8 MP untuk kamera depan. Untuk menjalankan performa yang ada, ponsel 4G ini didukung dengan chipset Nvidia SL460N, CPU Quad Core 2GHz.


Di Eropa, Wiko Highway 4G ini dipatok dengan harga 249 euro atau sekitar Rp 3,6 jutaan. Kita tunggu saja berapa harga yang akan dibanderol untuk pasar Indonesia nantinya.


(rou/rou)