Cerita di Balik Teknologi Layar Ganda AMD

Hawaii - AMD punya sebuah teknologi yang memungkinkan sebuah kartu grafis bisa menampilkan gambar pada enam layar sekaligus. Penemu teknologi ini pun menceritakan awal pembuatannya kepada detikINET.

Sosok yang bertanggung jawab atas terciptanya teknologi tersebut adalah David Glen, Display Technology Lead and Senior Fellow AMD. Ia menceritakan awal mula ide membuat Eyenity technology dengan singkat.


"Idenya bermula dari harga monitor yang semakin murah. Saya ingat dulu waktu ingin membeli monitor besar beresolusi tinggi, harganya bisa sampai ribuan dolar," buka Glen, saat sarapan pagi bersama detikINET di hotel JW Marriot, Hawaii, Amerika Serikat.


Dari situ Glen bercerita ingin bisa menggabungkan beberapa layar melalui satu kartu grafis. "Karena pada dasarnya kemampuan GPU sekarang sudah memungkinkan untuk itu," tambahnya.


Nah, dari sini Glen bersama timnya di AMD mulai melakukan riset. Mereka coba membuat teknologi yang sedemikian canggih namun bisa dinikmati dengan cara yang sederhana, maka dua tahun kemudian lahirlah AMD Eyefinity.


"Kini gamer bisa dengan mudah mendapatkan kualitas grafis yang baik, tanpa harus merogoh kocek dalam," kata Glen.


Teknologi AMD Eyefinity sendiri bisa menggabungkan 6 layar sekaligus melalui satu kartu grafis. Melalui teknologi ini para gamer bisa memainkan game dengan resolusi yang lebih lebar dibanding monitor biasa, dan hingga kini teknologi tersebut hanya bisa dilakukan pada kartu grafis Radeon seri tertentu.


(eno/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!