Tak Hanya Browsing, Pelanggan Data Haus Aplikasi

Jakarta - Penetrasi smartphone di Indonesia kian pesat, pengguna kini semakin sulit lepas dari smartphone. Akibatnya, kebutuhan data pun semakin meningkat.

Yang menarik, kebutuhan data kini banyak digunakan untuk mendownload dan memanfaatkan berbagai macam aplikasi mobile. Setidaknya, hal ini terlihat dari para pelanggan Telkomsel yang banyak menggunakan akses data untuk mengunduh aplikasi yang disukainya.


"Ke depannya, nanti orang gak sekedar bagus-bagusan ponsel. Yang pakai teknologi ini akan machine to machine. Arahnya ke digital lifestyle," kata Dito Respati Head of Mobile Apps Developer Community Department Telkomsel dalam acara Ngopi Bareng detikINET, Kamis (26/9/2013).


Itu sebabnya, dikatakan Bababdito, demikian sapaan akrabnya, peluang pasar aplikasi mobile terbuka sangat lebar.


"Yang sekarang banyak digunakan adalah mobile apps. Di Telkomsel sendiri sudah ada 125 juta pelanggan. Sekitar 52 juta pakai data. Jadi kalau ditanya bisnis yang menarik ya mobile application ini," ujarnya.


(rns/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!