Teknologi True Audio Bikin Suara Game Makin Nendang

Hawaii - AMD, dengan jajaran Radeon, memang sudah kadung terkenal dengan berbagai fitur yang membuat gambar lebih berkualitas. Tapi kini produsen chip itu juga mulai fokus mengembangkan teknologi suara.

Teknologi yang dimaksud berbeda dengan Dolby, DTS, atau sejenisnya. AMD mengembangkan teknologi yang mereka sebut True Audio untuk meningkatkan kualitas suara pada game. Hanya pada game, dan tidak berlaku untuk musik atau film.


Lalu apa hebatnya teknologi itu? Selama ini kebanyakan developer mengaku cukup kesulitan untuk membuat efek suara yang lebih realistis, entah itu suara ledakan, percakapan, suasana lingkungan, dan suara lainnya pada game.


Karena saat mereka memasukan banyak suara ke dalam satu game, maka beban prosesor akan meningkat. Semakin kompleks suara yang dikeluarkan, bebannya bakal semakin berat. Imbasnya adalah performa sistem yang akan menurun.


Apa yang coba dilakukan AMD adalah untuk mengatasi hal itu. Mereka merancang sebuah kartu grafis yang di dalamnya juga terdapat 'jalur' untuk mengolah suara.


"Ini adalah pertama kalinya ada sebuah pipeline pada GPU yang didedikasikan untuk suara," kata Carl Wakeland, Fellow Design Engineer


Dengan demikian, para developer lebih leluasa menanamkan berbagai jenis suara yang diinginkan tanpa takut kinerja prosesor terbebani. Karena seluruh proses suara itu dilakukan oleh unit khusus yang ada pada GPU.


"Ini benar-benar luar biasa. Kami akan selalu menggunakan True Audio pada semua game kami," sambut Yves Breton, Lead Sound Designer Eidos Monteral, saat ditemui detikINET usai acara AMD GPU14 Tech Day di Hawaii.


Bagaimana dengan kualitas suaranya?


AMD bukan cuma mengklaim bahwa True Audio bisa mengurangi beban prosesor, tapi juga meningkatkan kualitas suara karena mampu mengolah data lebih banyak.


Hal ini pun diamini oleh Jerry Mahabus, pendiri sekaligus CEO dari Gen Audio. Berkat teknologi suara AMD mereka berhasil membuat suara surroud yang 'hidup'.


Dalam sebuah demo yang dilakukan di sela-sela AMD GPU14 Tech Day, gabungan suara dari True Audio dengan Astound Surround besutan Gen Audio memang luar biasa. Pengguna bukan hanya mengetahui dari sisi mana suara itu berasal, tapi juga lebih hidup berkat efek 3D.


Tak lama lagi teknologi itu bisa cicipi para gamer melalui game Murdered buatan Square Enix, Lichdom dari Xaviant, Thief besutan Eidos, dan Sonic All Star Racing hasil karya Sega.


Namun perlu diketahui, hanya jajaran Radeon Hawaii saja yang mendukung fitur tersebut.


(eno/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!