3 Tahun Hunting Berbuah 3 Menit Video Stop Motion Cantik

Jakarta - Video ini memang hanya berdurasi kurang dari 3 menit, namun sang kreator membutuhkan waktu selama lebih dari 3 tahun untuk mengumpulkan frame tiap frame dalam video berjenis stop motion berikut.

Pictures, itulah judul video yang dibesut oleh fotografer sekaligus filmmaker Gioachhiono Petronice. Selama beberapa tahun ia menjepret sebanyak puluhan ribu foto yang dikurasi sendiri dan ia 'sulap' menjadi sebuah video cantik.


"Pictures berbicara mengenai fotografi dan fotografer," tulis Petronicee. Alurnya dibuat cepat, kemudian berjalan perlahan saat mendekati bidikan final, begitu terus berulang hingga akhir video.


Di sini Petronicce memiliki tujuan untuk memberikan pengunjung sekelumit proses di balik bidikan terakhir yang ia hasilkan. Semua bidikannya dibalut dalam warna hitam putih, menambah kesan dramatis setiap scene yang diabadikan.


Alunan musik dari Monsieur Claude Debussy-Clair De Lune yang menjadi latar belakang, ditambah bunyi putaran proyektor, menambah kedalaman video besutannya.


Bukan proses yang yang mudah membuat film pendek ini. Dikutip dari Fstoppers, Rabu (25/9/2013), Petronicce bepergian ke berbagai kota, dari mulai Paris, Barcelona, Hossegor, Venezia, Toulouse, Martinique, New York City hingga Montpellier untuk mendapatkan sebanyak 80.000 foto, tentu tidak semuanya dipakai.


Dalam proses pemotretan, ia mengandalkan 'senjata' Canon 5D Mark III dan 7D serta berbagai lensa yakni Tokina 11-16mm, Canon 35mm f/1.4, Zeiss 50mm f/1.4, Canon 50mm f/1.4, Canon 100mm f/2.8, Samyang 85mm f/1.4 dan Canon 15-85mm.


Berikut video yang ia hasilkan:


(sha/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!