Pesona Menawan Kamera OPPO N1

Jakarta - Persaingan di kancah smartphone tak hanya di sektor performa, namun juga di bagian kamera. OPPO, adalah satu dari sekian produsen smartphone yang menggarap kamera di ponselnya dengan serius.

Jeroan


Baru saja diluncurkan, OPPO N1 dilaporkan mengandalkan sensor 13MP dengan aperture sangat lebar di kameranya, yakni f/2.0. Bukaan lebar ini menguntungkan pengguna saat memotret di kegelapan.


Tak hanya N1, sebelumnya HTC One juga menawarkan bukaan lensa di angka f/2.0. Lantas iPhone 5S yang baru dirilis mengandalkan aperture f/2.2, begitu pula dengan Nokia Lumia 1020.



Lensanya sendiri tersusun dari 6 elemen. OPPO mengklaim, ini adalah ponsel Android pertama yang memiliki elemen lensa sebanyak itu.


Makin banyak elemen, maka makin baik koreksi untuk distorsi, aberasi kromatik, dan lain-lain. Dan dengan modul rotation camera, ponsel ini mengantarkan pengalaman memotret pengguna, untuk naik satu level.


Modul Kamera yang Bisa Berputar (Rotation Camera)


Menurut OPPO, mendesain kamera yang bisa berputar adalah tantangan di sisi teknis. Dalam situs resminya , OPPO berujar bahwa mereka membutuhkan waktu lebih dari setahun untuk melakukan pengerjaan desain kamera tersebut.


"Kamera mungil ini berisi 10 modul, 50 kabel dan 67 komponen," jelas OPPO. Untuk meyakinkan setiap putaran berjalan sempurna, OPPO N1 ini telah menjalani uji coba dalam berbagai kondisi. Mungkin ada yang mengkhawatirkan, apakah modul kamera yang bisa berputar ini ringkih?


OPPO mengklaim, mereka telah mengetesnya hingga 100.000 kali putaran dan kamera ini tetap bekerja dengan mulus. Ini sama saja bahwa pengguna bebas merotasi kamera OPPO N1 sebanyak 40 kali sehari selama 7 tahun.


Dengan rotation camera 205 derajat ini pula, pengguna akan bisa menggunakannya sebagai kamera depan. OPPO agaknya ingin menegaskan bahwa kamera depan pun bisa sebagus kamera belakang. Nah berikut demo modul kamera tersebut:


O-touch


Pengalaman memotret juga juga kian bertambah dengan keberadaan fitur O-touch. Fitur ini dikatakan oleh OPPO merupakan cara baru mengoperasikan smartphone.


Bagaimana fitur ini berfungsi? Jika biasanya kita melakukan scroll atau tap melalui layar smartphone, maka dengan O-touch ini, pengguna bisa melakukan aksi-aksi tersebut di panel berlayar sentuh seluas 12 cm yang dipasang di bodi belakang ponsel. Asyiknya, panel ini juga berlaku untuk menjepret foto.



Aksesoris


Dikutip dari GSMArena, Selasa (24/9/2013), perusahaan asal China ini juga telah membuat aksesoris kamera bluetooth yang didesain khusus. Dinamakan O-click, ini merupakan remote control untuk mengoperasikan kamera dan bisa dioperasikan hingga jarak 50 meter dari ponsel. Sangat menguntungkan saat mengambil foto grup.



Kamera di N1 dikatakan hanya memerlukan waktu 0,6 detik untuk mulai beroperasi dan juga sudah mendukung long exposure yakni sebanyak 8 detik. Oppo N1 sendiri akan ditawarkan oleh pembesutnya pada kisaran USD 571 atau sekitar Rp 6,5 jutaan. Tertarik?


Dan berikut contoh foto-foto bidikan Oppo N1:






Artikel terkait:


- Resmi Melenggang, OPPO N1 Usung Kamera Unik


- FotoINET: Kamera Putar & Punggung yang Bisa Dielus di OPPO N1


(sha/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!