Apple Perluas Data Center

Jakarta - Apple berencana membeli lahan seluas 96 hektar dekat Prineville, Oregon, AS. Berdasarkan informasi yang dilansir media setempat The Oregonian, lahan ini akan menjadi perluasan data center Apple.

Sebelumnya, Apple sudah memiliki data center di wilayah tersebut. Sebagai tambahan, Apple mulai membangun fasilitas baru pada 2012. Dan rencana pembelian lahan baru tersebut, Apple pun sepertinya akan membangun fasilitas lainnya dalam waktu dekat.


Artinya, Apple akan membangun setidaknya tiga fasilitas untuk pengolahan data di Prineville. Namun seperti dikutip dari Mac Observer, Kamis (26/9/2013), tidak ada keterangan kapan tepatnya pembelian lahan jadi dilaksanakan.


Ada sedikit masalah yang menghambat proses jual beli lahan ini. Pasalnya, tanah tersebut berlokasi di luar batas kota Prineville. The Oregonian melaporkan, kota ini sudah dalam proses menggabungkan lahan tersebut, agar kemudian bisa dikembangkan untuk keperluan industri.


Yang jelas, ini menunjukkan proyek jangka panjang Apple. Catatan lain, Apple juga punya data center lain di negaranya, termasuk fasilitas terbesarnya yang berlokasi di Maiden, Carolina Utara. Data center lain di wilayah tersebut kabarnya juga tengah dalam pembangunan.


(rns/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!