Samsung dan LG Sepakat Damai

Jakarta - Samsung dan LG setuju untuk mengakhiri sengketa paten teknologi di antara keduanya. Berlangsung selama satu tahun, gugat-menggugat di antara keduanya ini memunculkan serangkaian tuntutan.

Bermula dari tuntutan Samsung kepada LG pada Desember 2012, Samsung menuding LG telah mencuri teknologi LCD miliknya. Sebelumnya, pada September 2012 keduanya saling menuding terkait dengan teknologi OLED. LG mengklaim Samsung melanggar patennya, sementara Samsung menuduh LG mencuri informasi teknologi mereka melalui karyawan Samsung.


"Kami sepakat bahwa seharusnya kedua perusahaan lebih fokus menyatukan kekuatan kepemimpinan kami di pasar global dengan bekerjasama, bukan terlibat dalam sengketa paten yang berlarut-larut," ujar Samsung Display dalam pernyataannya yang detikINET kutip dari Mashable, Rabu (24/9/2013).


Dalam waktu berbarengan, LG juga merilis pernyataan serupa. "Yang terpenting bagi kami adalah meningkatkan kompetisi kami secara global," kata LG.


Teknologi LCD bukan satu-satunya masalah di antara keduanya. Dua 'saudara sekampung' juga terlibat kasus berkaitan dengan produk lain di pengadilan. Sebelumnya, LG menguggat Samsung terkait teknologi yang digunakan di Samsung Galaxy Note 10.1.


Samsung juga pernah mengajukan gugatan terhadap LG di Pengadilan Distrik Seoul, Korea Selatan, untuk serangkaian iklan kulkas yang diduga berisi informasi yang salah. Sebab menurut Samsung iklan itu dapat 'menodai citra perusahaan'.


(rns/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!