OPPO Siapkan Aksesoris Kamera Ponsel Mirip Sony SmartShot

Jakarta - Setelah Sony yang dikabarkan tengah menyiapkan debut 'SmartShot', kini ada perusahaan lain yang juga diisukan akan merilis piranti serupa.

SmartShot merupakan nama yang disebut-sebut menjadi milik aksesoris ponsel pintar dari Sony berupa satu unit lensa beserta sensor di dalamnya. SmartShot sendiri merupakan singkatan dari istilah smartphone dan cybershot.


OPPO, yang merupakan vendor dari China juga dilaporkan menguji coba piranti serupa yang bisa dipasang ke smartphone. Plug-in camera lens ini memakai sensor CMOS dari Sony dengan kekuatan 16 MP dan sudah memiliki OIS (Optical Image Stabilization).


Spesifikasi lainnya adalah optical zoom 10x dan 15x untuk model lainnya. Dan sama dengan 'SmartShot' besutan Sony, lens camera ini mendukung NFC, WiFi dan penyimpanan SD card, demikian seperti dikutip dari Androidauthority, Selasa (3/9/2013).


Sony sendiri diyakini tengah menyiapkan dua model untuk perangkat keras kamera eksternal itu, yakni QX10 yang dibekali sensor 1/2.3 inch 18MP dengan lensa f/3.5-5.9. Sedangkan QX100 dipersenjatai sensor Exmor R 1 inch 20,2MP.


Belum ada informasi mengenai kapan aksesoris dari Oppo akan tersedia. Di lain sisi, Sony kabarnya akan duluan merilis SmartShot di minggu ini. Kita tunggu saja pengumuman resminya.


(sha/ash)