Adhicipta R. Wirawan: Master Akuntansi, Jago Animasi

http://us.images.detik.com/content/2013/11/26/1169/adhiciptawirawan.jpgAdhicipta R. Wirawan (ash/detikINET)


Surabaya - Pergolakan batin sempat berkecamuk di hati Adhicipta R. Wirawan. Kata hati menginginkan Adhi untuk 'bermain' di ranah animasi, namun apa daya, orangtua berharap jurusan Akuntansi-lah yang dipilih pemuda asal Surabaya ini.

Tak mau jadi anak durhaka, Adhi muda akhirnya mengikuti permintaan orangtua dengan kuliah di jurusan Akuntansi. Sementara hasrat animasi pun ditepikan sejenak sembari berkonsetrasi kuliah.


"Dari kecil saya sudah suka animasi dan menggambar. Sampai lulus dari SMA akhirnya orangtua lebih menyukai Akuntansi yang dianggap nantinya gampang kerja," cerita Adhi di sela Ngopi detikINET bareng Telkomsel di Universitas Airlangga Surabaya, Selasa (26/11/2013).


Sampai akhirnya, Adhi mulai berani 'berontak' saat telah lulus kuliah. Caranya adalah dengan melamar pekerjaan di sebuah media cetak untuk menjadi ilustrator dengan berbekal gelar sarjana Akuntansi.


Nyeleneh? Iya! Namun ilmu Akuntansi yang didapat Adhi di bangku kuliah tak lantas menguap begitu saja. Bahkan, Adhi kemudian meneruskan kuliah S2 untuk mengejar gelar Master Akuntansi di Universitas Airlangga.


Lantas bagaimana dengan hobi animasi Adhi? Tentu saja tetap jalan terus. Sampai pada tahun 2009, Adhi dipertemukan dengan komunitas animator pengguna softwate Blender 3D. Di komunitas inilah, Adhi mulai kenal animator dan penggiat game 3D profesional.


"Saat dari situ (gabung komunitas software Blender 3D-red.) terlecut lagi dan mulai menggali ilmunya lagi. Hal ini dilakukan sembari menjalani kuliah S2 Akuntansi dan ikut kompetisi animasi," lanjut Adhi.Next


(ash/eno)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!