Pakai Mobile Workstation, Apa Perlu?

Jakarta - Pengguna yang membutuhkan sebuah workstation sudah pasti menginginkan performa komputer kencang yang bisanya dijumpai pada desktop. Tapi belakangan hadir laptop workstation, apa perlu?

Sebuah workstation biasa dipakai oleh para profesional di dunia grafis untuk membuat animasi, gambar 3D, dan sejenisnya. Komputer jenis ini biasanya memakai kartu grafis Nvidia Quadro atau Radeon Fire Pro yang berharga mahal.


Hewlett-Packard (HP) mencoba tak hanya bermain di workstation jenis desktop, tapi belakangan mereka juga mulai gencar merilis laptop berbasis workstation.


"Desktop tetap menjadi produk utama kami, tapi di luar sana banyak yang membutuhkan mobile workstation," ungkap Eric H. Budiono, Market Development Manager, Workstation Printing & Personal System Group.


Lebih lanjut Eric menjelaskan bahwa tak semua kebutuhan profesional bisa disediakan oleh workstation desktop. Terutama saat mereka sedang berada di luar.


"Misalnya mereka harus pergi ke lapangan, dan di situ mereka harus membuka Autocad atau aplikasi grafis lainnya. Dalam kondisi seperti ini tidak mungkin mereka menenteng-nenteng workstation," kata Eric, di Kuningan City (28/11/2013).


Pun begitu, Eric tak menampik bahwa peminat workstation masih minim, baik itu desktop apalagi laptop. Maka tak heran sejak tahun 2010, HP hanya memiliki 3 varian mobile workstation yang dibedakan dalam 3 ukuran.


"Ini memang pasar yang sangat kecil," tandasnya.


Nah, untuk terus memperluas pangsa pasarnya di Indonesia, HP baru saja merilis jajaran mobile workstation baru yakni HP ZBook 14, 15 dan 17. Komputer jinjing itu dibanderol mulai Rp 18 juta hingga 28 juta.


(eno/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!