Mantan Karyawan Nokia Luncurkan Pesaing Android

Helsinki - Para mantan karyawan Nokia yang tergabung dalam perusahaan Jolla akhirnya resmi meluncurkan smartphone pertamanya. Ponsel yang juga dinamai Jolla itu dijual pertama kali di Finlandia.

Jolla dijual senilai 399 euro. Pada penjualan perdananya, hanya tersedia 450 unit ponsel yang dipasarkan di toko di Helsinki, Finlandia.


Ponsel Jolla memakai sistem operasi yang dijuluki Sailfish. OS ini adalah modifikasi dari Meego, sistem operasi yang ditinggalkan Nokia karena lebih memilih Windows Phone.


Para pendiri Jolla yakin bahwa Meego punya potensi besar sehingga mereka mendirikan Jolla. "Setiap orang di sini sangat ingin untuk melanjutkan Meego," kata Antti Saarnio, Chairman Jolla.


OS Sailfish yang berbasis open source dirancang dapat menjalankan banyak aplikasi Android. Ke depan, diharapkan developer akan berdatangan membuat aplikasi untuk Sailfish.


Ponsel Jolla ditenagai prosesor dual core 1,4 GHz Qualcomm, RAM 1GB, memori internal 16GB, slot microSD, kamera 8 megapixel serta punya layar 4,5 inch resolusi 960 x 540 pixel.


Mampukah Jolla menandingi Android atau iOS yang sudah begitu dominan? Kemungkinannya tetap ada asalkan di masa depan, harganya bisa ditekan.


"Ini memang pertarungan antara Daud melawan Goliat. Namun jika Jolla bisa menekan harga, ada segmen yang antusias dengan produk ini. Ia bisa saja sukses," demikian pendapat Geoff Blaber, analis dari CCS yang dikutip detikINET dari BBC, Kamis (28/11/2013).


(fyk/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!