Disadap AS, Jerman Depak iPhone Rangkul BlackBerry

Jakarta - Kasus penyadapan tak hanya diributkan di Indonesia. Di Jerman pun demikian. Ketika Indonesia disadap intelijen Australia, Jerman kabarnya juga mencak-mencak terhadap penyadapan yang dilakukan NSA, badan keamanan nasional AS.

Tak tanggung-tanggung, yang disadap NSA adalah orang nomor satu di negeri itu. Siapa lagi kalau bukan kanselir Angela Merkel. Begitu kabar ini bocor, parlemen Jerman langsung menyerukan untuk mengganti semua ponsel para petinggi negaranya.


Seperti detikINET kutip dari GigaOM, Jumat (29/11/2013), dua partai terbesar di Jerman tengah membentuk pemerintahan koalisi dan salah satu perintah pertama mereka adalah meminta para anggota parlemen untuk menggunakan ponsel yang dienkripsi.


Sejak saat itu penggunaan iPhone di kalangan petinggi negara tak lagi diperkenankan, dan Merkel pun resmi beralih menggunakan BlackBerry. Kenapa harus BlackBerry?


Disebutkan, alasan parlemen Jerman mendepak iPhone tak lain karena Apple tidak mendukung enkripsi keamanan informasi di kantor federal negara itu. Namun ada juga yang mengira, didepaknya iPhone karena Jerman sentimen dengan produk buatan AS tersebut.


Sementara Carl Howe, Vice President Research dari lembaga Yankee Group memprediksi bukan cuma iPhone saja yang dilarang oleh parlemen Jerman. Namun juga jenis ponsel lain dengan OS Android.


"Saya yakin bukan hanya iPhone saja, ponsel Android juga akan dilarang karena mereka tidak mendukung standar enkripsi lokal Jerman, meskipun sebenarnya bisa saja jika pemerintah Jerman mau mengembangkan dan mengesahkan versi sendiri dari Android untuk mendukung hal itu," ujarnya.Next


(rou/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!