Kini Giliran Xbox One Kena Masalah DDOD

Jakarta - Ternyata tak cuma PlayStation 4 saja yang penyakitan. Konsol game Xbox One yang hadir seminggu kemudian juga dilaporkan punya masalah yang tak kalah mengganggu. Namun untungnya, tak separah PS4.

Jika PS4 sebelumnya dilaporkan mengalami sindrom BLOD alias Blue Light of Death yang membuat konsol keluaran Sony ini tak dapat menampilkan apapun di layar, kini giliran Xbox One yang kena masalah DDOD.


DDOD atau Disc Drive of Death, adalah masalah dimana Xbox One tak mampu sama sekali membaca isi kepingan game Blu-ray. Namun meski lumayan menganggu, kasus DDOD pada Xbox One tidak seburuk masalah BLOD yang dialami PS4.


Pasalnya secara keseluruhan, Xbox One masih dapat dioperasikan secara normal. Hanya saja untuk dapat memainkan game yang diinginkan tanpa kepingan cakram, gamer terpaksa men-download game terlebih dahulu melalui Xbox Market Place.


Lantas bagaimana solusinya? Untungnya, Microsoft tidak menutup mata akan masalah yang dialami oleh sejumlah pembeli Xbox One ini. Pembesut konsol ini pun bersedia menawarkan ganti rugi.


“Masalah ini hanya berdampak pada sebagian kecil pengguna Xbox One. Kami langsung menghubungi pengguna yang terkena dampak (DDOD) untuk mendapatkan konsol pengganti sesegera mungkin," jelas Microsoft dalam pernyataannya, seperti detikINET kutip dari The Forbes, Selasa (26/11/2013).


Selain dapat konsol pengganti, pembeli Xbox One yang kena DDOD juga dipastikan akan mendapat ganti rugi berupa game gratis yang dapat di-download dari layanan Xbox Market Place. Namun sayangnya, game gratis yang ditawarkan hanyalah game keluaran Microsoft Studios saja, yang notabene game garapan mereka sendiri.


"Sementara konsol pengganti sedang dalam proses, kami ingin memastikan pelanggan yang mendapatkan penggantian tidak tertinggal dalam permainan. Masing-masing akan kami berikan satu dari beberapa judul game besutan Microsoft Studios secara gratis,” tambah Microsoft.


Selain itu, Microsoft juga meminta pembeli Xbox One yang mengalami masalah DDOD agar segera membawa Xbox One miliknya yang bermasalah ke pusat service Xbox untuk mendapatkan penggantian.


Lalu bagaimana dengan pengguna yang tak memiliki koneksi internet untuk mendownload game tersebut? Sayangnya, Microsoft belum memberikan penjelasan lebih lanjut akan masalah ini karena Xbox baru dipasarkan di sejumlah negara yang punya koneksi internet cukup mumpuni.


Artikel Terkait:


-. Ini Fitur Unggulan Xbox One

-. FotoINET: Xbox One, Lebih dari Sekadar Konsol Game

-. Mengintip 'Dapur' Xbox One

-. 6 Fakta Menarik Seputar PlayStation 4

-. Inilah Evolusi Memukau Sony PlayStation

-. Fakta Menarik PlayStation 4

-. Xbox One vs PlayStation 4, Siapa Lebih Hebat?

(yud/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!