Apa Rencana Google untuk Android di Indonesia?

Jakarta - Android merupakan salah satu dari sekian banyak proyek besar yang disiapkan Google untuk pasar Indonesia. Kontribusi apa saja yang akan mereka bawa ke negeri ini?

Dalam sebuah kesempatan kunjungan ke markas baru Google di daerah Senayan, Jakarta, Rudy Ramawy, Country Head of Google Indonesia juga menceritakan rencana mereka setelah membangun kantor di Indonesia.


Salah satunya tentu adalah fokus tentang Android. Menurutnya, Google Indonesia akan turut membantu para partner bisnisnya meningkatkan penetrasi sistem operasi Android di Indonesia.


Dituturkan olehnya, langkah awal ini akan dimulai dengan memberikan guideline ke distributor yang membuka Android Nation atau toko khusus Android, khususnya sebagai sarana edukasi bagi pengguna ponsel yang baru pertama kali menggunakan smartphone.


"Dengan Android, pengguna smartphone bisa melakukan banyak hal, ini yang ingin kami edukasikan bersama partner kami. Tahun depan, kami juga berencana untuk membuka lebih banyak gerai khusus edukasi Android di daerah," ujarnya.


Android saat ini merupakan OS yang paling banyak digunakan oleh para pengguna smartphone di seluruh dunia. Hal ini karena OS tersebut telah diaplikasikan oleh banyak vendor, seperti Samsung, HTC, Sony, dan bahkan oleh hampir semua produsen ponsel China.


Saking banyaknya pengguna Android, bahkan operator lokal seperti XL Axiata pun memanfaatkan pesatnya pertumbuhan Android untuk mengekspansi pasar pengguna smartphone dengan meluncurkan kartu perdana khusus Android. Di dalam starter pack Android seharga Rp 49 rib ini disediakan bonus paket data 1,2 GB untuk 12 bulan.


Menurut Indarto Gunawan Sutardi, GM Emerge-Middle Class Segment Management XL, kartu perdana baru ini akan menyasar pengguna Android yang termasuk kategori advanced. Diharapkan kartu ini bisa membantu XL mengakuisisi pelanggan dari pengguna Android yang sebelumnya memakai operator lain.


XL saat ini memiliki 58,1 juta pelanggan hingga kuartal ketiga 2013. Sekitar 33 juta pelanggan XL telah memanfaatkan layanan data dan 3,5 juta di antaranya memakai smartphone Android.


FotoINET:

-. Bertandang ke Markas Google Indonesia yang Eksentrik

-. Makan Gratis di Warung Mbah Google

(rou/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!