Apa Tren Big Data di 2014?

Sydney - Perbincangan dunia IT dalam beberapa tahun terkahir ini tak lepas dengan big data. Istilah inilah yang juga masih akan menjadi topik hangat pada tahun depan, menyusul masalah meledaknya mobile data hingga masalah keamanan.

Hitachi Data System (HDS), anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Hitachi Ltc, telah merilis prediksi tren IT pada tahun 2014. Disampaikan Adrian De Luca, Chief Technology Officer (CTO) HDS APAC, berikut 5 tren IT yang akan memberikan dampak besar di antara perusahaan:


1. Analisa Big Data Tak Lagi Hanya Sekadar Konsep


Dalam survei yang digelar HDS, lebih dari separuh responden menyadari pentingnya adopsi untuk meningkatan keuntungan, produktivitas dan inovasi.


Namun, hal itu baru terbatas dalam keyakinan, alias belum sampai pada langkah nyata. Nah, diprediksi tahun depan, perusahaan-perusahaan akan mulai menjajaki tantangan yang dihadapi big data yakni teknologi dan organisasi.


"Meski adopsi big data lamban, tapi kami melihat akselerasi di sejumlah area, seperti telekomunikasi dan bisnis," papar Adrian de Luca, dalam acara Asia Pasific Media Tour Media Tour Hitachi Data Systems 2013 yang digelar di Sydney, Kamis (28/11/2013).


2. IT Jadi Inovator BisnisNext


(sha/tyo)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!