Indonesia Borong 5 Gelar di Asia Pasific ICT Award

Hong Kong - Kiprah tunas bangsa di kontes Asia Pasific ICT Award (APICTA) 2013 tak terlalu mengecewakan. Terbukti, Indonesia sukses memborong 5 gelar dalam hajatan bergengsi tersebut.

Tampil sebagai juara adalah SMAN 28 Jakarta yang bertarung dalam kategori Student Project. Mereka sukses memikat para juri lewat karya yang diberi nama Vorebot. Ini merupakan robot yang mampu menyelam hingga 20 meter untuk mengeksplorasi benda di bawah laut.


Sementara empat perwakilan Indonesia lainnya harus puas memperoleh Merit Award atau selevel runner up, yakni:

-. Arrival Dwi Sentosa, siswa SMKN 4 Bandung dengan proyek MatrikSoft Security Care pada kategori School Project

-. SMAN 3 Semarang dengan karya APASAJA pada kategori School Project

-. ITB dengan karya Spyder's Web pada kategori Tertiary Student Project

-. Educa Studio, Rolling Glory pada kategori e-Learning.


Adapun sebagai gelar juara umum diraih tuan rumah, yang hampir menempatkan seluruh wakilnya menjadi pemenang di semua kategori. Hal ini meneruskan tradisi serupa yang mereka raih dalam APICTA 2012 di Brunei Darussalam.


Dimas Anandras, siswa SMAN 28 Jakarta, mengaku sangat senang dengan kemenangan tersebut. Bahkan saat ditemui semalam, dia masih terbata-bata bicara saking senangnya.


"Nyangka tidak nyangka bisa juara. Memang kalau lihat ekspresi juri, kami rada optimistis. Tapi saingan kan juga banyak. Namun lama-lama kami percaya bisa juara. Alhamdulilah," ungkapnya.


Menurut siswa kelas XI tersebut, pihaknya bisa juara salah satunya karena belajar dari pengalaman. Pada April lalu, mereka ikut kompetisi robot dalam air di Hong Kong namun tak juara karena robot tersebut tak bisa muncul lagi ke permukaan.Next


(ash/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!