Thunderbolt Berambisi Salip USB

Jakarta - Ambisi Intel yang ingin menjadikan thunderbolt sebagai interkoneksi standar guna menyaingi USB bakal makin serius dilakukannya pada tahun 2014. Produsen yang berpusat di Santa Clara, AS ini baru saja mengumumkan chip kontroler yang mampu menyodorkan potensi tertinggi konektivitas thunderbolt.

Layaknya chip kontroler USB, chip kontroler dengan sebutan Thunderbolt-LP ini nantinya juga akan tersemat pada setiap perangkat yang menawarkan port thunderbolt sebagai salah satu pilihan konektivitasnya, seperti misalnya notebook ataupun perangkat komputer lainnya.


Kelebihan thunderbolt terletak pada kecepatan transfer datanya yang kini diklaim mencapai 20 Gbps untuk versi 2, jauh melangkahi versi teranyar USB 3.1 terbaru yang diklaim sanggup menyodorkan kecepatan transfer data 10 Gbps.


Kelebihan lainnya adalah pasokan listrik yang mampu disuplainya ke perangkat yang terhubung. Sebuah port thunderbolt disebut dapat memasok aliran listrik hingga 53 watt atau setara dengan sebuah dock yang dibekali 6 buah hardisk 3,5 inch.


Sementara itu chip kontroler Thunderbolt-LP sebagai penggerak konektivitas thunderbolt justru hanya membutuhkan daya 1 mW sampai 1,5 watt saja dalam operasinya.


Adapun konektivitas thunderbolt disinyalir akan mulai menyambangi notebook atau perangkat komputer lainnya paling lambat mulai kuartal 2 tahun 2014 mendatang.


Sebab seperti detikINET kutip dari Tech Power Up, Jumat (29/11/2013), chip kontroler Thunderbolt-LP baru akan resmi diluncurkan ke kalangan OEM pada perhelatan Consumer Electronics Show 2014 mendatang di Las Vegas, AS pada awal bulan Januari mendatang.


(yud/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!