Menelisik Perubahan di Update Windows 8.1

Jakarta - Microsoft siap meluncurkan update perdana untuk Windows 8.1. Ada beberapa perubahan yang akan terjadi pada sistem operasi tersebut.

Update tersebut memang belum bergulir secara resmi, namun sejumlah pengguna sudah bisa mencicipi versi beta yang terlebih dulu bocor di internet.


Menurut Beta News, ada beberapa perubahan yang cukup signifikan. Meski kebanyakan di antaranya adalah perubahan secara visual.


Pada menu utama misalnya. Berkat update tersebut, pengguna bisa meletakkan aplikasi Windows Store pada taskbar dengan mudah, hanya dengan klik kanan.


Update yang akan segera meluncur itu juga akan membawa tiga tombol baru di halaman muka, yakni tombol informasi user, search dan shutdown.


Ya, tombol Shutdown yang selama ini sedikit ribet untuk ditemukan sekarang diletakkan di halaman muka. Klik tombol tersebut, maka pengguna bisa membuat komputer restart, sleep atau shutdown.


Beberapa fungsi baru juga dimasukan ke dalam tampilan Metro Windows 8.1. Pada halaman muka pengguna kini bisa mengatur besarnya kotak-kotak aplikasi, dan bisa juga melakukan uninstall aplikasi.


Selain mengubah fungsi-fungsi di halaman muka, update tersebut kabarnya juga akan meningkatkan kemampuan browser Internet Explorer, terutama dari sisi keamanan.


Seperti dikutip detikINET, Selasa (4/2/2014), jika tidak ada aral melintang update perdana Windows 8.1 itu akan meluncur pada Maret 2014. Konon versi finalnya nanti akan memberikan banyak perubahan dibanding versi beta yang lebih dulu bocor.


(eno/fyk)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!