Pora The Lake Rescuer, Game Bersih-bersih Danau Toba

http://us.images.detik.com/content/2014/04/13/654/jonathandlm.jpgJonathan Risman T.


Jakarta - Ikan Pora-pora kesal melihat Danau Toba, lingkungan tempat tinggalnya, dikotori sampah. Bersenjatakan senapan yang mengeluarkan gelembung, ikan Pora-pora pun memerangi sampah.

Demikian jalan cerita game Pora The Lake Rescuer. Game yang dibuat tim New Eleven Del dari Institut Teknologi Del, Samosir, Sumatera Utara ini, rupanya mampu memikat perhatian juri Imagine Cup 2014 tingkat nasional.


Jonathan Risman Tambunan, mewakili timnya, menceritakan proses pengembangan game untuk Windows Phone tersebut. Danau Toba yang dekat dengan lingkungan kampus mereka, diakui Jonathan sebagai sumber inspirasi kemunculan Pora The Lake Rescuer.


"Permainannya sederhana. Kami ingin menceritakan kalau ikan-ikan bisa bicara, mereka akan kesal dengan banyaknya sampah. Jadi hero-nya ikan Pora yang membantu bersih-bersih," papar Jonathan.


pora


Pora, dengan senjatanya yang mengeluarkan gelembung, akan menangkap sampah, kemudian membawanya ke permukaan danau. Jenis gelembungnya pun dikatakan Jonathan bermacam-macam. Semakin tinggi levelnya, semakin canggih kemampuan gelembung.


"Semakin besar buble, akan menangkap lebih banyak sampah. Ada rintangan berupa duri-duri. Kalau tidak hati-hati, bisa memecahkan buble," ujar Jonathan.Next


(rns/yud)