LG Produksi Jutaan Display untuk Apple Watch

Jakarta - Apple dan LG sepertinya akur dan punya hubungan yang sehat untuk urusan display. Tak hanya untuk layar iPad, Apple kabarnya juga mempercayakan produksi layar fleksibel untuk Apple Watch kepada LG.

Analis dari JP Morgan, JJ Park mengklaim mengetahui laporan bahwa LG akan menjadi satu-satunya pemasok layar untuk wearable gadgetnya tersebut. LG boleh dibilang terdepan untuk teknologi ini.


Meski semakin banyak perusahaan teknologi berlomba-lomba mengembangkan layar fleksibel, nyatanya layar jenis baru itu belum diproduksi secara massal. LG baru-baru ini menyatakan siap memproduksi layar fleksibel dengan teknologi terbaik.


Ada banyak tantangan teknologi membuat layar fleksibel. Namun LG percaya diri mengatakan bahwa teknologi mereka sudah menemukan cara membuat display OLED yang paling fleksibel dari yang ada saat ini.


Alasannya, karena layar fleksibelnya terbuat dari plastik, bukan material kaca. Pemilihan bahan ini, membuatnya benar-benar bisa ditekuk dan dibengkokkan serta tidak mudah pecah.


Tak heran, Apple tanpa ragu menyerahkan produksi display OLED fleksibel ke LG. Pemesanan yang dilakukan tidak tanggung-tanggung, hingga jutaan.


Seperti dilansir Phone Arena, Senin (16/2/2015), Apple diperkirakan akan mengapalkan 26-29 juta unit Apple Watch tahun ini, dan 61 juta unit di tahun berikutnya. Tentunya ini akan menghasilkan keuntungan miliaran dolar bagi LG.


Selain LG, pemasok komponen lain yang digandeng Apple untuk Apple Watch antara lain termasuk Quanta (EMS), Samsung (application processor), ASE (system in package modules), Amkor dan STATS ChipPAC.


Apple Watch sendiri santer dikabarkan akan dirilis April mendatang. Sejumlah bocoran menyebutkan jam tangan pintar ini akan hadir dalam dua ukuran berbeda dengan harga bervariasi.


(rns/ash)