Path di Indonesia Ramai dengan Meme

Jakarta - Apapun peristiwa atau topik yang sedang hangat, akan turut meramaikan jejaring sosial. Di Path, topik ini biasanya akan muncul dalam bentuk 'kreativitas' lain berupa meme yang menggelitik.

Dikatakan Country Manager Path Indonesia yang baru terpilih William Tunggaldjaja, hobi membuat dan berbagi meme ini adalah salah satu karakteristik unik pengguna Path Indonesia yang membedakannya dengan pengguna di negara lain.


"Sebenarnya agak mirip-mirip dengan di luar negeri ya. Hanya ada beberapa local konteks saja yang berbeda. Contohnya kalau di Indonesia mungkin yang sangat banyak orang nge-share itu meme-meme," kata kata William dalam media gathering Path di The Foundry 8, SCBD Jakarta (17/2/2015).


Bukan berarti pengguna Path di negara lain tidak mengenal banyolan semacam ini. Di negara lain pun ada, namun dikatakannya tidak seheboh pengguna di Indonesia.


"Itu (berbagi meme) orang Indonesia ngetren sekali. Yang seperti itu mungkin fokus di Indonesia belum sampai ke luar negeri," tambahnya.


Sudah bukan rahasia lagi jika orang Indonesia dikenal aktif berjejaring sosial. Hampir di semua jejaring sosial populer seperti Facebook, Twitter, dan tentu saja Path, jumlah pengguna Indonesia selalu berada di urutan lima besar.


Path yang diluncurkan sejak November 2010, telah mengalami perkembangan jumlah pengguna hingga mencapai 30 juta orang secara global. Data terakhir yang diungkap Path mencatat bahwa Indonesia menyumbang sekitar 4 juta pengguna.


Tak heran, Indonesia menjadi salah satu sasaran pasar terbesar Path ketika datang ke Indonesia. Dikatakan William, dengan akan dibukanya kantor di Jakarta, Path bisa semakin memperluas jejaringnya di Indonesia.


(rns/ash)