Tantang Chromebook, Microsoft Siapkan Tablet Windows 10 Murah

Jakarta - Microsoft berharap adopsi Windows 10 bisa lebih cepat. Untuk menarik minat banyak pengguna, raksasa software ini sudah menyiapkan sejumlah perangkat Windows 10 murah, termasuk tablet.

Sebuah laporan terbaru yang dikutip detikINET dari News Softpedia, Senin (16/2/2015), menyebutkan cara ini juga adalah bagian dari upaya Microsoft membendung laju pertumbuhan Chromebook.


Tampaknya, perangkat Chromebook yang dibanderol dengan harga terjangkau mengusik Microsoft. Surface terbaru berbasis Windows 10 yang bakal hadir nanti, dijanjikan Microsoft jauh lebih murah dibandingkan versi sebelumnya.


Untuk diketahui, sebagian besar tablet Microsoft saat ini memang mahal. Surface Pro 3 misalnya, harga untuk versi paling murahnya saja saat pertama kali dirilis yakni USD 799 atau sekitar Rp 9,5 jutaan (USD 1 = Rp 12.000). Microsoft tampaknya tidak punya ketertarikan menyediakan tablet murah kala itu.


Kini, strategi Microsoft berubah untuk bisnis perangkat mereka. Apalagi sejak resmi menghilangkan brand Nokia, Microsoft juga gencar menghadirkan perangkat baru yang menjadikan sektor low end sebagai sasaran favoritnya.


Maka tak heran jika Microsoft juga memberlakukan hal yang sama pada lini perangkat tablet. Berdasarkan bocoran, Surface terbaru akan berukuran 10,6 inch. Sama seperti Surface Pro 3, tablet terbaru Microsoft ini juga bakal menawarkan konfigurasi 2 in 1, sehingga kemungkinan besar, masih akan ada fitur utama removable keyboard di tablet ini.


Belum ada informasi lebih detail mengenai perkiraan harganya. Namun jika Microsoft memang ingin menyaingi tablet murah di luar sana, baik yang berbasis Chrome maupun Android, tentu Microsoft akan membanderolnya dengan harga setidaknya sama dengan rata-rata harga tablet murah. Misalnya saja, Chromebook rata-rata dihargai di kisaran USD 199 oleh banyak produsen.


(rns/ash)