Google: Loading Situs di Ponsel Idealnya 2 Detik!

Jakarta - Berapa waktu yang diperlukan untuk membuka sebuah situs internet via ponsel? Kalau mau dianggap sukses oleh Google, loading time yang paling lama ya cukup dua detik saja!

Google menilai, page load untuk mobile site di Amerika Serikat yang rata-rata memakan waktu loading tujuh detik dinilai terlalu lambat dan membuat pengguna frustasi.


"Saat tiba waktunya browsing internet, ada sebuah populasi besar yang punya tingkat kesabarannya sendiri. Mobile jelas beda dengan desktop," tulis hasil riset Google seperti detikINET kutip dari GigaOM, Selasa (13/8/2013).


Dengan tidak stabilnya koneksi internet di ponsel, baik pemilik situs maupun developer website harus memikirkan cara bagaimana untuk memangkas loading time tersebut.


Raksasa internet ini pun menyarankan agar bagian yang bikin berat saat loading awal dipangkas, baru kemudian beban itu dialihkan perlahan seiring berjalannya waktu browsing.


"Masalahnya, tentu saja, terletak pada kenyataan bahwa banyak dari beban waktu diambil oleh bagian header. Hindari data yang berlebihan untuk membuka halaman," tulis Google.


Google sendiri menyediakan tools bagi developer untuk menguji kecepatan loading time situsnya. Tools PageSpeed Insight ini diklaim akurat untuk dijajal di multi platform ponsel.


(rou/ash)