Norwegia Tolak Apple Map 3D

Norwegia - Dengan alasan keamanan, pemerintah Norwegia menolak permintaan Apple untuk membuat tampilan 3D sejumlah bangunan mereka.

Seperti diketahui bahwa Apple Map menawarkan tampilan 3D untuk bangunan-bangunan tertentu. Hal ini dibuat agar para pengguna mereka bisa merasakan seperti apa saat berada di sekitar gedung tersebut.


Sebelumnya Apple telah mengajukan izin untuk 'terbang' di atas kota Oslo guna memetakan lokasi tersebut. Namun Otoritas Keamanan Nasional Norwegia terpaksa menolak karena di dalamnya terdapat sejumlah bangunan militer.


Namun tampaknya bukan cuma Apple yang dilarang untuk menampilkan bentuk sejumlah bangunan di Oslo. Nokia pun mengalami nasib serupa, peta mereka hanya boleh menampilkan beberapa bagian dari gedung yang dilarang itu.


Paska ledakan bom yang menghancurkan salah satu gedung di Oslo 2011 lalu, pemerintah Norwegia memang sudah mulai ketat soal pemetaan via satelit. Mereka beranggapan bahwa teknologi itu bisa dimanfaatkan para teroris untuk melancarkan aksinya.


Sayangnya belum ada tanggapan resmi dari Apple soal penolakan tersebut. Demikian yang dikutip detikINET dari BBC, Rabu (14/8/2013).


(eno/ash)