Ini Rapor Trafik Telkomsel Selama Lebaran

http://us.images.detik.com/content/2013/08/14/328/alexsinaga460.jpg(tengah) Dirut Telkomsel Alex Sinaga mengecek jaringan saat musim mudik (rou/detikINET)


Jakarta - Jaringan telekomunikasi Telkomsel diklaim prima selama periode Lebaran. Khusus layanan data tingkat keberhasilan koneksi mencapai lebih dari 99%.

Hasil monitoring terhadap layanan Telkomsel menjelang – saat – pasca Lebaran yaitu, rata-rata tingkat kesuksesan panggilan suara mencapai angka 97,45%, SMS 99,88%, sedangkan rata-rata tingkat kesuksesan koneksi data yaitu 99,86%.


Angka-angka yang mentereng itu pun diklaim Telkomsel mengindikasikan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman tanpa adanya kendala yang berarti.


Adapun trafik layanan Telkomsel menjelang – saat – pasca Lebaran untuk layanan voice rata-rata mencapai sekitar 1.14 miliar menit/hari, sedangkan untuk trafik SMS rata-rata sekitar 850 juta pesan/hari, dan untuk rata-rata trafik data sekitar 275 TeraByte/hari.


Dimana Area Sumatera masih mendominasi trafik voice tertinggi, sedangkan trafik SMS dan data tertinggi berasal dari Area Jabotabek dan Jabar.


Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga mengungkapkan, pihaknya bersyukur dapat memberikan layanan yang prima baik menjelang, saat maupun pasca Lebaran meskipun trafik khususnya layanan data mengalami lonjakan yang cukup signifikan.


"Hal ini berkat kesiagaan seluruh jajaran Telkomsel, khususnya tim Telkomsel Siaga yang telah mendedikasikan waktu, tenaga dan pikirannya agar pelanggan tetap bisa menikmati kenyamanan dalam berkomunikasi maupun dalam mengakses layanan data. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat atas kepercayaannya kepada Telkomsel selama ini," jelasnya, dalam keterangan tertulis, Rabu (14/8/2013).


Hingga Agustus 2013 Telkomsel telah memiliki 64.000 BTS, dimana 22.000 di antaranya adalah BTS 3G (Node-B). Selanjutnya untuk menjaga kualitas layanan, Telkomsel juga telah menyiagakan 50 mobil BTS Combat (Compact Mobile Base Station) tambahan.


(ash/eno)