HTC Tak Mau Lagi Bikin Windows Phone?

Jakarta - Selain Android, HTC memang memiliki sederet model smartphone berbasis Windows Phone. Tapi kabarnya produsen asal Taiwan itu tidak akan lagi mendukung sistem operasi besutan Microsoft itu.

Sebelum Nokia ikut membuat ponsel Windows Phone, HTC merupakan vendor terbesar yang memiliki beragam tipe ponsel berbasis sistem operasi tersebut. Kini HTC hanya memiliki sekitar 5% dari total populasi Windows Phone, jauh tertinggal dari Nokia yang mencapai 80%. Sedangkan posisi kedua diisi oleh Samsung.


Menurut Digitimes, dan dikutip detikINET Rabu (14/8/2013), itu adalah salah satu tanda bahwa HTC mulai menjauh dari Windows Phone. Padahal sejumlah pengamat memprediksi bahwa Windows Phone masih punya masa depan yang cerah, lebih baik dari BlackBerry.


Hal lain yang membuat HTC untuk berhenti membuat Windows Phone adalah untuk mempertahankan pangsa pasar mereka di Android. Hingga saat ini HTC memang masih masuk 5 vendor besar pembuat ponsel Android, namun jika tidak dipertahankan bukan tidak mungkin posisi mereka akan digeser oleh para pemain baru.


Belum ada tanggapan resmi dari HTC mengenai gosip tersebut, namun untuk lebih fokus mengembangkan perangkat berbasis Android memang adalah alasan yang cukup logis dan menjanjikan.


(eno/ash)