Ikuti Samsung, MediaTek Garap 'Otak' big.LITLE

Jakarta - Samsung bukan lagi satu-satunya produsen prosesor smartphone yang mengandalkan teknologi ARM Big.LITLE. Produsen chip smartphone asal China yakni MediaTek akhirnya menempuh langkah serupa dengan meluncurkan 'otak' quad core yang mengadopsi arsitektur ARM big.LITLE.

Bedanya, bila Samsung mengandalkan sepasang prosesor quad core yang masing-masing mengusung berjenis Cortex-A15 dan Cortex-A7, maka MediaTek masih mengandalkan sepasang prosesor dual core yang masing-masing juga berjenis Cortex-A15 dan Cortex-A7.


Seperti halnya Exynos 5 Octa, MediaTek yang menamai prosesornya dengan sebutan MT8135 tersebut menyiapkan Cortex-A15 untuk menangani beban berat seperti saat memainkan game, sedangkan Cortex-A7 disiapkan untuk menangani beban komputasi ringan seperti browsing atau mendengarkan musik.


Selain kemampuan tersebut, MT8135 juga telah dibekali sejumlah kelebihan lainnya seperti pengolah grafis PowerVR G6200 serta teknologi Wireless Display (WiDi) Miracast. Tidak luput dukungan WiFi, GPS, Bluetooth, dan FM radio tentunya juga hadir pada MT8135.


Menyusul MT8135 yang masih mengandalkan sepasang prosesor dual core di dalamnya, seperti dilansir Liliputing, MediaTek juga tengah menyiapkan prosesor berarsitektur ARM big.LITLE lainnya. Namun kali ini mengandalkan sepasang prosesor quad core, layaknya Exynos 5 Octa.




(yud/ash)