Samsung Tunda Rilis Smartphone Tizen

Jakarta - Samsung kabarnya menunda pengembangan smartphone pertamanya yang menggunakan sistem operasi Tizen. Meski demikian, perusahaan asal Korea Selatan itu masih bertekad membuat Tizen pesaing kuat Android.

Mengutip juru bicara Samsung yang tidak disebut namanya, situs teknologi asal Taiwan DigiTimes melaporkan informasi ini. Sementara itu, Co-CEO JK Shin membantah spekulasi yang menyebutkan Samsung akan mematikan Tizen.


Sebelumnya, pembesut smartphone seri Galaxy ini memang dikabarkan akan menghentikan pengembangan sistem operasi tersebut. Pasalnya, Samsung beberapa kali menunda peluncuran smartphone Tizen.


Semula, smartphone Tizen disebut-sebut akan meluncur Agustus. Namun kemudian dimundurkan dua bulan kemudian. Hingga sekarang, belum ada tanda-tanda Samsung menyiapkan kesibukan untuk Tizen. Malah kini, Samsung kembali menunda pengembangan.


Salah seorang pengamat teknologi Eldar Murtazin mengatakan, penundaan ini karena Samsung tidak percaya diri menghadapi masalah toko aplikasi untuk Tizen. "Tizen hampir mati. Bukannya ditunda. Ini adalah penundaan keseluruhan proyek. Aku ragu apakah Samsung akan merilis lebih dari satu perangkat untuk 2014," ujarnya beberapa waktu lalu.


Tizen dikembangkan Samsung bersama Intel. Berbasis Linux, Tizen dipromosikan Linux Foundation sebagai alternatif platform Android. Tizen sendiri adalah pengembangan dari platform MeeGo yang dulu dikembangkan Nokia bersama Intel dan LiMo.


Tentunya menarik ketika Samsung nantinya akan merilis pesaing Android. Padahal seperti diketahui, Samsung sangat dominan dalam penjualan handset Android dibandingkan vendor lain yang menjadi kompetitornya.


Gembar-gembor kemunculan Tizen kabarnya bermula dari kekhawatiran akuisisi Google terhadap Motorola. Banyak yang berpendapat, Google nantinya akan mengutamakan perangkat Motorola untuk akses Android terbaru.


Meski telah dibantah oleh Google, rumor ini masih diyakini sebagian kalangan akan terjadi suatu saat nanti. Samsung adalah salah satunya yang menyiapkan kemungkinan tersebut dengan ancang-ancang merilis Tizen.


(rns/rou)