Sempat Lelet, 3G Telkomsel Kembali Normal

Jakarta - Operator seluler Telkomsel mengklaim jaringan 3G miliknya telah kembali normal setelah sempat dilaporkan mengalami kelambatan akibat terpotongnya kabel optik milik induk perusahaannya, Telkom.

"Per jam 6 sore tadi permasalahan fiber optik di Medan sudah solved," demikian informasi yang disampaikan Telkomsel kepada detikINET, Senin (12/8/2013).


Seperti diberitakan sebelumnya, kabel fiber optik milik Telkom yang berkapasitas 96 core dan kabel tembaga yang menyalurkan 1.400 satuan sambungan telepon telah diputus oleh pihak yang tak bertanggungjawab.


Imbasnya, sejak pukul 12.00 kemarin hingga hari ini, jaringan di Telkom Group jadi lelet. Termasuk jaringan internet 3G yang diselenggarakan Telkomsel. Pemotongan kabel ini berlangsung di Medan.


"Impact-nya tidak terlalu luas, hanya di daerah Belawan dan sekitarnya alias di pinggir kota yang trafiknya tidak terlalu banyak," jelas media relation Telkomsel.


Disebutkan ada 4 BTS 3G dan 6 BTS 2G yang sempat terkena dampak dari pemotongan kabel ini dengan coverage 4-5 kilometer dari pelabuhan Belawan. Namun sore tadi, permasalahan diklaim telah berhasil diatasi.


Telkom selaku induk usaha Telkomsel, sebelumnya memproyeksi perbaikan keseluruhan baru kelar paling cepat esok hari, Selasa (13/8/2013).


(rou/rou)