Tanpa Steve Jobs, Apple Diprediksi Kembali Tenggelam

Jakarta - Steve Jobs memang sosok legendaris yang mendirikan sekaligus membawa Apple pada masa kejayaan. Tak heran jika banyak yang meragukan nasib Apple pasca meninggalnya Jobs pada tahun 2011 lalu.

Salah satunya adalah CEO Oracle, Larry Ellison. Pria yang termasuk orang terkaya di Amerika Serikat itu baru-baru ini memprediksi Apple akan kembali tenggelam tanpa kepemimpinan Jobs.


Dalam sebuah wawancara televisi, Ellison ditanyai apa yang akan terjadi pada Apple pasca Steve Jobs. Merujuk pada kejadian masa lalu, Ellison menyatakan Apple akan mengalami masa-masa sulit.


"Kita sebenarnya sudah tahu. Kita telah melihatnya. Kita dulu melihat Apple dengan Steve Jobs. Kita melihat Apple tanpa Steve Jobs. Kita melihat Apple dengan Steve Jobs lagi. Dan sekarang kita melihat Apple tanpanya," kata Ellison.


Steve Jobs memang sempat didepak dari Apple di era 1980-an. Tanpa Jobs, Apple kelimpungan dan hampir bangkrut. Ketika kembali didapuk jadi CEO Apple akhir tahun 1990-an, Jobs dengan tangan dinginnya membangkitkan Apple.


Kini tanpa Steve Jobs, Ellison menilai Apple kemungkinan akan tenggelam seperti yang sudah terjadi di masa lalu.


Ellison sendiri mengagumi sosok Jobs. "Dia adalah Edison kita, dia adalah Picasso kita, dia seorang penemu yang luar biasa," tukas Ellison dalam kesempatan terpisah, seperti detikINET kutip dari Electronista, Selasa (13/8/2013).


(fyk/ash)