Siapa Mau? Rp 100 Juta untuk Ide Layar Fleksibel Samsung

Jakarta - Samsung tidak tahu akan diapakan layar fleksibelnya. Meminta bantuan, Samsung pun menggelar kontes untuk menemukan ide terbaik pengembangan layar yang dinamakan Youm tersebut.

"Kami mengundang desainer paling inovatif, para hardware engineer dan entrepreneur untuk mengembangkan ide produk baru yang bisa diterapkan pada teknologi layar fleksibel kami yang revolusioner," kata Samsung seperti dikutip dari websitenya, Kamis (15/8/2013).


Pemenang Grand Prize, akan diganjar Samsung dengan hadiah USD 10.000 atau senilai Rp 100 juta. Disusul pada posisi berikutnya First Prize USD 5.000 dan Second Prize USD 2.500.


Berminat? Catat tanggal-tanggal penting berikut. Pengumpulan Business plan dimulai 29 Agustus hingga 6 Oktober. Selanjutnya 15 September adalah deadline untuk feedback penilaian kelayakan awal.


Youm, semula dijadwalkan meluncur akhir 2012. Sayangnya, kemunculannya harus molor. Produksi layar yang bisa ditekuk dan dilipat tersebut mengalami masalah sehingga Samsung memutuskan untuk menundanya.


Bocoran spesifikasi Youm telah ramai beredar. Layar ini memiliki ukuran 4,5 inch dengan ketebalan 0,3 milimeter dan mengusung resolusi WVGA 800 x 480. Youm diharapkan akan melahirkan generasi baru desain gadget karena kelenturan dan ukurannya yang lebih tipis dan ringan dari layar konvensional.


Samsung bukan satu-satunya vendor yang mengembangkan layar semacam ini. Nokia pun sudah pernah memamerkan layar fleksibel di ajang Nokia World tahun lalu. LG, bahkan sudah memulai produksi massal.


(rns/ash)