Trafik 'Halo-halo' Telkomsel di Pelabuhan Ketapang Naik 610%

Jawa Timur - Selama Idul Fitri 1434 H, Telkomsel mencatat peningkatan trafik di pusat keramaian wilayah Jawa Timur. Di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi trafik layanan suara Telkomsel H-3 melonjak sampai 610% dibandingkan hari normal.

Lonjakan trafik di Pelabuhan Ketapang juga terjadi untuk layanan data, yakni meningkat 380% dibandingkan hari normal atau sama seperti peningkatan trafik lebaran tahun lalu.


Peningkatan trafik layanan data tertinggi pada periode Lebaran di Jawa Timur terjadi di Pelabuhan Ketapang sebesar 190%, dibanding trafik pada hari biasa.


Tren peningkatan trafik layanan di lebaran tahun-tahun sebelumnya didominasi layanan SMS, sejak 3 tahun terakhir beralih ke layanan data. Terbukti trafik layanan data di wilayah Jawa Timur pada H-1 hingga hari kedua Lebaran rata-rata meningkat 22%.


Sedangkan trafik SMS pada Hari H Lebaran justru menurun drastis rata-rata 50% dibandingkan hari normal.


"Ucapan 'Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin' melalui aplikasi pesan instan atau chatting dan media sosial seperti Facebook dan Twitter secara umum lebih diminati masyarakat ketimbang SMS. Pada periode Lebaran pelanggan juga relatif lebih sering melakukan browsing untuk mengakses informasi melalui perangkat mobilenya," kata Galumbang Pasaribu, GM ICT Operation Telkomsel Regional Jawa Timur, Selasa (13/8/2013).


Dari sisi tingkat kesuksesan layanan, secara umum pelanggan juga terlayani dengan baik, tingkat kesuksesan layanan suara rata-rata sebesar 97%, sementara tingkat kesuksesan layanan data dan SMS selalu di atas 99%.


Sementara Telkomsel juga mencatat peningkatan layanan isi ulang pulsa sebesar 32% dibandingkan hari biasanya.


"Peningkatan ini dipicu tingginya pemanfaatan layanan isi ulang pulsa yang tersedia di sekitar 800 Outlet Siaga di sepanjang jalur mudik di wilayah Jawa Timur," tambah GM Sales & Customer Care Telkomsel Regional Jatim, Ericson Sibagariang.


(fat/ash)