Kabel Telkom Dipotong, 3G Telkomsel Ikut Lelet

Jakarta - Telkom kembali menjadi korban vandalisme. Kabel fiber optik miliknya yang berkapasitas 96 core dan kabel tembaga yang menyalurkan 1.400 satuan sambungan telepon telah dipotong-potong oleh pihak yang tak bertanggungjawab.

Imbasnya, sejak pukul 12.00 kemarin hingga hari ini, jaringan di Telkom Group jadi lelet. Termasuk jaringan internet 3G yang diselenggarakan Telkomsel, anak usahanya. Menurut penuturan Vice President Public Relations Telkom Arief Prabowo, pemotongan kabel ini berlangsung di Medan.


"Trafik internet melalui jaringan 3G Telkomsel jadi sedikit melambat tapi masih bisa berfungsi serta gangguan di komunikasi data dan internet beberapa pelanggan korporat di Medan," kata Arief dalam emailnya yang diterima detikINET, Senin (12/8/2013).


Dijelaskan, Telkom sedang melakukan perbaikan sesegera mungkin, agar seluruh layanan secepatnya pulih. Sejak diketahui adanya gangguan itu, Telkom bereaksi cepat menanganinya antara lain dengan mengalihkan sebagian trafik melalui jalur transmisi lain dan radio transmisi digital dengan memprioritaskan layanan publik dan layanan Telkomsel.


"Dengan kejadian ini, Telkom meminta maaf kepada para pelanggan, karena akses layanan komunikasi di beberapa lokasi di Medan terganggu, baik berupa layanan telepon rumah, layanan internet serta komunikasi data," ujar Arief.


Telkom berharap seluruh layanan tersebut bisa kembali pulih Selasa besok (13/8/2013).


(rou/rns)