Gameplay PES 2014 Tiru FIFA 14?

Jakarta - Konami berusaha menawarkan sensasi simulasi sepakbola lewat Pro Evolution Soccer (PES) 2014. Alhasil, gameplay PES 2014 dirasa kurang familiar oleh banyak penggilanya.

Hal tersebut dikarenakan penggunaan gameplay baru yang diklaim lebih realistis dan mendekati aslinya.


Namun ternyata apa yang coba disuguhkan Konami telah jauh lebih awal dilakukan oleh EA lewat seri game sepakbola FIFA. Sejak dulu game sepakbola yang menonjolkan lisensi klub seluruh dunia itu memang telah memboyong sensasi simulasi sepakbola lewat gameplay-nya.


Hanya saja justru sensasi simulasi itu juga yang sempat memaksa seri game FIFA bertekuk lutut di hadapan PES. Sebab dulu gameplay PES yang cepat memang lebih disukai, apalagi ditambah adanya parameter shot power yang mewakili kekuatan tendangan pemain.


Tetapi keadaan berbalik kala EA menyematkan fitur serupa sejak FIFA 12. Kombinasi simulasi sepakbola yang dipadu dengan permainan cepat dan shot power ala PES akhirnya menggeser penggila game sepakbola untuk memilih FIFA. Saat itu Konami bahkan sempat menuduh FIFA yang menjiplak mentah-mentah gameplay PES.


Namun tuduhan tersebut tak digubris dan EA masih mengimplementasikannya hingga game FIFA 14 saat ini. Ironisnya, dengan adaptasi simulasi sepakbola pada PES 2014 saat ini, Konami justru gantian yang menawarkan gameplay ala FIFA bagi gamer.


Sayangnya, keputusan Konami mengadopsi gameplay FIFA pada PES 2014 justru menuai banyak kritikan dari penggila PES yang lebih memilih gameplay cepat khas PES. Meski begitu banyak juga yang menyukai gameplay baru PES 2014 dan menjadikannya sebagai tantangan.


Artikel Terkait:

-. Mengulik Fitur Baru di PES 2014

-. Blunder PES 2014: Grafis 'Kartun' & Wajah Aneh Pemain

-. Wow! Ada Klub Indonesia di PES 2014

-. Fitur Baru FIFA 14, Mencetak Gol Lebih 'Cerdas'

-. FIFA 13 vs PES 2013, Siapa Raja Lapangan Hijau?

(yud/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!