Tata Ulang 3G Masuki 'Injury Time'

Jakarta - Tata ulang 3G yang telah bergulir selama 22 pekan oleh lima operator seluler di Indonesia mulai memasuki injury time dengan tingkat realisasi baru 89,17%.

Kementerian Kominfo pun mengingatkan, sebelum pihaknya meniupkan peluit panjang pada 3 November 2013, penataan ini sudah harus rampung tanpa terkecuali dalam waktu 2,5 minggu tersisa.


"Meski ada satu operator yang meminta perpanjangan waktu, permintaan itu kami tolak," tegas Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, Gatot S Dewa Broto kepada detikINET, Rabu (16/10/2013).


Gatot mengakui, ada surat permohonan dari Indosat untuk minta perpanjangan waktu. Tetapi permintaan itu ditolak dengan alasan jika dipenuhi akan diikuti operator lainnya.


Menurutnya, Indosat beralasan masih butuh waktu untuk setting filter di setiap menara pemancar base station (BTS).


Kominfo pun merespons dengan meminta masalah tuning filter tersebut disiasati secara manual dengan berbagai upaya termasuk penambahan personil dan sumber daya lain sehingga jadwal tetap dipenuhi.


"Alasan mereka lemah. Masalah teknis ini semua operator sudah dilibatkan mengatasi segala masalah sejak awal," tegasnya.Next


(rou/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!