Nvidia Buntuti Apple Godok Prosesor 64 Bit

Jakarta - Setelah Apple mempopulerkannya lewat prosesor A7 pada iPhone 5S, produsen teknologi lainnya pun berbondong-bondong ikut memproduksi prosesor 64 bit garapannya masing-masing.

Bila Samsung disebut telah memasuki tahap final dalam pengembangan prosesor 64 bit miliknya, maka Qualcomm lebih memilih menutup erat informasi terkait prosesor 64 bit yang diisukan tengah dikembangkannya.


Kini dipastikan Nvidia juga bakal mengikuti jejak ketiga produsen di atas. Dalam roadmap yang diperlihatkannya, perusahaan yang identik dengan warna hijau ini memperlihatkan Tegra 6 sebagai prosesor 64 bit pertamanya.


Uniknya, bila sebelumnya prosesor bersandi 'Parker' itu direncanakan bakal diumumkan pada 2015 mendatang, belakangan diinformasikan Nvidia justru mempercepat kehadirannya. Kemungkinan besar Nvidia bakal melangkahi Tegra 5 yang sebelumnya direncanakan akan meluncur tahun depan, 2014.


Tegra 6 atau Parker sendiri mengusung arsitektur ARMv8 yang telah mendukung komputasi 64 bit dan telah digunakan lisensinya dari ARM oleh Nvidia sejak 2010 lalu. Parker mengandalkan prosesor 'Denver' yang dikombinasikan dengan chip grafis 'Maxwell' yang mana keduanya merupakan besutan Nvidia.


(yud/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!