Menperin: Pabrik iPhone dkk Dibangun di Indonesia Awal 2014

Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat mengakui rencana pembangunan pabrik ponsel oleh perusahaan elektronika asal Taiwan, Foxconn molor dari rencana akhir tahun ini. Namun ia memastikan awal tahun depan, rencana investasi pabrik komponen iPad dan iPhone tersebut bisa terealisasi.

"Iya kelihatannya mundur, tetapi perundingannya dengan kelompok Pak Aguan (Agung Sedayu Grup) itu siapa itu Era (Era Jaya) sudah selesai. Sekarang dia minta berunding dengan pemerintah melalui perindustrian, karena dia juga mengajak kemenperin dan kementerian lain untuk ikut pro aktif dalam pembagian lembaga risetnya dan sebagainya," kata Hidayat di Trade Expo Indonesia (TEI) ke-28 di arena PRJ, JIExpo, Kemayoran, Jakarta (16/10/ 2013).


Hidayat menuturkan salah satu kendala yang masih dibahas adalah pola investasi yang berbeda bila dibandingkan dengan pola investasi di China. Di Indonesia, investasi Foxconn diserahkan melalui kerjasama dengan pengusaha swasta. Sedangkan di China, investasi Foxconn menggandeng langsung pemerintah pusat dan daerah.


"Mereka itu sudah membangun lebih kurang 10 pabrik di China dan selama ini mitranya itu pemerintah karena memang sistemnya di China pemerintahnya terlibat langsung pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Kalau di Indonesia kan kita serahkan kepada swastanya. Nah dia ingin tetap ada bagian dari pemerintah ikut," imbuhnya.


Menurutnya peluang Foxconn berinvestasi di Indonesia baru terealisasi tahun depan atau tahun 2014. Hidayat menjanjikan awal tahun pabrik Foxconn telah berdiri di Indonesia.


"Tahun depan karena kemarin kita ketemu (dengan Foxconn) di APEC. Saya sempet ngopi juga dengan dia (CEO Foxconn), dia mengatakan bahwa sudah selesai perundingannya dan dia minta kalau saya juga dalam satu bulan ini perundingan dengan kementerian perindustrian, karena kita mau bikin lab, lembaga risetnya, dan sebagainya. Saya tahunya pokoknya awal tahun," cetus Hidayat.


(dnl/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!