AMD Optimistis Kalahkan Nvidia

Jakarta - Di pasar kartu grafis profesional, AMD memang harus bertekuk lutut terhadap Nvidia. Tapi hal itu diyakini tak akan bertahan lama, sebentar lagi AMD optimistis segera menyalip.

Hingga saat ini Nvidia masih memimpin pasar kartu grafis profesional dengan jajaran Quadro dengan pangsa pasar sekitar 81%. Sementara AMD bertengger di posisi kedua dengan jarak yang cukup jauh, yakni sebesar 18%.


"Pertumbuhan kami hingga kuartal ketiga ini sudah bagus dan tetap stabil. Kami percaya bahwa ke depannya kami bisa terus meningkatkan pangsa pasar GPU profesional," kata Rory Read, Chief Executive Officer AMD.


Menurut salah satu lembaga pengamat pasar, Jon Peddie, bukan hal mudah bagi AMD untuk mengejar ketertinggalanya selama ini. Namun jika melihat gaya pemasaran AMD yang kian agresif, hal itu bisa saja terjadi dalam beberapa tahun ke depan.


"Setelah bertahun-tahun diabaikan, di bawah pimpinan Matt Skyner AMD terlihat lebih agresif mengembangkan pangsa pasar. Kami sudah melihat mereka tumbuh, dan mungkin ke depannya akan tetap seperti itu," analisa Jon Peddie, Head of Jon Peddie Research. Seperti dikutip detikINET dari Xbitlab, Minggu (20/10/2013).


(eno/eno)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!